Microsoft Translator Hadirkan 2 Fitur Baru untuk Platform Berbeda

Microsoft dikabarkan telah merilis pembaruan di aplikasi penerjemah besutannya, Translator, untuk platform iOS dan Android. Namun, uniknya, Microsoft merilis dua pembaruan yang berbeda untuk masing-masing platform.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Sabtu (20/2/2016), pembaruan yang akan diterima pengguna Translator di Android adalah fitur penerjemahan offline. Jadi, pengguna Android dapat menggunakan Translator tanpa perlu khawatir akan menghabiskan kuota data internet.

Microsoft Translator (Sumber : phonearena.com)

Fitur ini didukung dengan mesin serupa yang digunakan pada fitur auto-translate di Skype, yaitu neural network-powered. Namun, perlu diingatkan bahwa sebelum benar-benar menggunakan fitur penerjemahan offline ini, pengguna harus mengunduh paket terjemahan terlebih dulu.

Ada sembilan bahasa yang sudah hadir dalam paket tersebut, seperti bahasa Mandarin, Italia, Rusia, Prancis, Polandia, Spanyol, Jerman, Portugis dan Vietnam.

Sementara itu, untuk pengguna iOS, Microsoft menghadirkan pembaruan untuk menerjemahkan kata-kata langsung dari sebuah gambar. Perusahaan asal Redmond tersebut menggunakan mesin Optical Character Recognition (OCR), yang juga dipakai Translator untuk Windows Phone sejak 2010.

Jadi, lewat kehadiran pembaruan ini, pengguna iOS dapat dengan menerjemahkan kata-kata langsung dari rambu-rambu jalan atau menu di restoran. Fitur ini sudah didukung oleh 21 bahasa, termasuk di antaranya adalah Mandarin, Hungaria, Rusia dan Turki.

Selain pembaruan tersebut, Microsoft juga menyebutkan bahwa saat ini fitur penerjemah baik dari teks maupun suara sudah mendukung lebih dari 50 bahasa. Tak hanya itu, Microsoft Translate juga memungkinkan pengguna menerjemahkan kata langsung layaknya sebuah percakapan biasa, dengan fitur conversation translation.

Kedua pembaruan itu sudah tersedia di toko aplikasi masing-masing platform. Kendati untuk saat ini pembaruan ini hadir terpisah di masing-masing platform, Microsoft menjanjikan bahwa ke depannya kedua fitur ini bisa dinikmati pengguna Translator di iOS maupun Android.

0 Response to "Microsoft Translator Hadirkan 2 Fitur Baru untuk Platform Berbeda"

Poskan Komentar